Pencak silat

Pencak silat merupakan seni beladiri asli indonesia. Pada tanggal 18 Mei 1948, didirikan Ikatan Pencak silat Indonesia (IPSI) di Surakarta, Jawa Tengah. IPSI merupakan oraganisasi resmi pencak silat Indonesia. Pencak silat adalah seni beladiri yang diwariskan secara turun temurun dari generasi ke generasi. Beberapa daerah memiliki nama pencak silat berbeda-beda. Dijawa di sebut pencak sedangkan di sumatra disebut silat. 


https://www.hiclipart.com



Pencak silat berfungsi sebagai upaya bela diri, meningkatkan kesehatan tubuh, dan seni yang harus dilestarikan. Pencak silat merupakan seni yang banyak mengandung nilai -nilai luhur bangsa indonesia. 

Mempelajari pencaksilat merupakan salah satu upaya pelestarian nilai-nilai luhur bangsa Indonesia, seperti toleransi dalam keragaman, menghormati sesama, dan melatih kedisiplinan diri.


Seiring perkembangan jaman, pencak silat menjadi salah satu cabang olah raga yang sering dilombakan secara nasional dan internasional. Seperti dalam pekan Olahraga dan SEA Games sejak tahun 1967. Pada tahun 2016, diadakan kejuaran pencak silat yang diselenggarakan di pulai Bali. Kejuaran tersebut diikuti oleh lebih dari 40 negara. Sebagai tuan rumah, Indonesia berhasil menjadi juara umum dengan memperoleh 12 medali emas. Sebagai cabang olahraga, pencaksilat memerlukan konsentrasi yang cukup karena pencak silat memiliki berbagai macam gerakan yang harus dipelajari. 


Gerakan-gerakan dalam pencak silat dipengaruhi oleh budaya tiongkok, hindu, budha, dan islam . Saat ini, hampir seluruh daerah memiliki gerakan khas pencak silat yang membedakannya daerah lain. Akan tetapi, mereka tetap mempertahankan gerakan dasar dalam ilmu bela diri tersebut.

Comments

Popular posts from this blog

Kisi-Kisi PSS PJOK 2023

Permainan futsal

Kisi-Kisi Matematika Ujian Sekolah Kelas 6 Sekolah Dasar